Visi Kenegaraan Senator harus menjadi Penjaga Keutuhan NKRI

Visi Kenegarawanan
Ir. H. Cholid Mahmud, M.T.Senator Harus Menjadi Penjaga Keutuhan NKRI

KEHADIRAN DPD RI sangat berarti dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), oleh karenanya sebagai anggota DPD RI Ir. H. Cholid Mahmud, MT senantiasa menjaga spirit tersebutdalam melaksanakan semua ketugasan selama hampir 5 tahun ini. Spirit ini pulalah yang menjadi visi pertama perjuangan Ir. H. Cholid Mahmud, MT sebagai Calon Anggota DPD RI periode mendatang, 2014-2019.

Menurut H. Cholid Mahmud, Indonesia adalah negara yang besar dengan cakupan wilayah yang sangat luas, jumlah pulaunya yang banyak serta jumlah penduduknya yang besar pula. Namun jumlah penduduk yang besar itu tidak terdistribusi secara merata ke seluruh wilayah kepulauan Republik Indonesia.60% penduduk tinggal di pulau Jawa, 20% di Sumatra dan sisanya tinggal di seluruh kepulaun selain Jawa dan Sumatra.

Dalam sistem perwakilan melalui lembaga DPR yang menggunakan sistem representasi sesuai dengan proporsi jumlah penduduk maka tentu yang akan banyak mengisi lembaga DPR adalah orang yang berasal dari pulau Jawa. Tidak mengherankan kalau kebijakan yang diambil tentu akan banyak memprioritaskan kepentingan Jawa. Kehadiran DPD RI dimana jumlah anggotanya sama dari setiap propinsi 4 orang tentu akan mengurangi ketidakseimbangan yang dialami oleh DPR tadi. Sehingga karenanya kepentingan masyarakat di semua wilayah Indonesia bisa terpenuhi yang pada akhirnya keutuhan NKRI akan terus terjaga.

Visi kedua Ir. H. Cholid Mahmud, MT sebagai Calon Anggota DPD RI 2014-2019 adalah membangun keseimbangan hubungan Pusat dengan Daerah. Diketahui bersama bahwa model pemerintahan yang lalu mengambil model sentralistik.Yang dengan model sentralistik ini ternyata pemerintahan kita tidak mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di seluruh wilayah Indonesia yang demikian luas.Karenanya pasca reformasi kita lebih memilih menggunakan model desentralisasi yang berarti ada kewenangan-kewenangan yang sebelumnya menjadi kewenangan pusat sekarang didelegasikan menjadi kewenangan daerah.Peran yang penting untuk dimainkan sebagai Anggota DPD RI dalam hal ini adalah mengambil posisi sebagai wakil daerah yang membela kepentingan daerah guna membangun keseimbangan hubungan dengan pusat.

Visi ketiga adalah mendorong DIY dengan semua komponen yang ada di dalamnya agar mampu menjadi guru bangsa bagi seluruh wilayah Indonesia.DIY memang miskin Sumber Daya Alam, tetapi sangat kaya dengan Sumber Daya Manusia.Berbekal keunggulan inilah DIY sangat berpotensi untuk menyuplai SDM-SDM nya ke seluruh wilayah Indonesia sekaligus menjadi contoh terbaik dalam pelaksanaan pemerintahan maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.Misalnya dalam pelaksanaan UU Desa yang baru saja ditetapkan. Ir. H. Cholid Mahmud, MT sebagai Anggota DPD RI telah berdialog dengan Kepala-kepala Desa di DIY untuk merumuskan langkah-langkah yang harus diambil guna pelaksanaan undang-undang tersebut ke depan agar hasilnya sesuai dengan tujuan besarnya yaitu mensejahterakan masyarakat serta membuat Kepala-kepala Desa dan Perangkat Desa berdaya guna dalam menjalankan semua tugas dan fungsinya.

Visi keempat yang tidak kalah pentingnya adalah membela serta melindungi kepentingan masyarakat kecil. Contoh ketika dilakukan pembahasan APBN, usulan awal dari Pemerintah subsidi yang akan diberikan kepada petani sebesar hanya 55 trilyun padahal subsidi untuk BBM mencapai 200 trilyun lebih. Padahal jumlah pemilik kendaraan apalagi pemilik mobil tidak sebanding dengan jumlah petani yang mencapai 60% penduduk kita.Pada saat itu akhirnya subsidi untuk petani disepakati naik menjadi 98 trilyun.Ini hanya salah satu contoh dari peran sebagai pemembela kepentingan masyarakat kecil.

H. Cholid Mahmud tidak hanya berusaha melindungi kepentingan masyarakat kecil melalui kebijakan perundang-undangan, tetapi juga terlibat aktif dalam menfasilitasi dan memediasi pemberdayaan masyarakat kecil secara langsung. Oleh karena itu, beliau juga tekun membina paguyuban UMKM pencarirongsok “Mandiri” Bantul, dan membina dan mendampingi paguyuban petani organik, Cahaya Natural Farm DIY yang sering melakukan pelatihan petani dan peternak organik di berbagai pelosok wilayah DIY.*)

 

Aspirasi yang sudah di tindak lanjuti dapat dilihat